Unifi AP

Unifi AP merupakan salah satu produk Ubiquiti, UniFi menawarkan flexibilitas saat kamu membangun jaringan WiFi, mulai dari satu atau dua perangkat lalu bisa dikembangkan hingga ratusan titik dengan management terpusat.
Setup yang mudah dan terpusat menjadikan UniFi bisa dipasang hanya oleh satu orang saja.
UniFi punya banyak seri untuk dipasang mulai dari rumah, kantor, sekolah hingga untuk membuat WiFi satu gedung, stadion bahkan satu desapun bisa.
UniFi adalah seri radio wireless yang dikeluarkan oleh UBNT yang didesain khusus untuk membuat jaringan wireless jarak pendek atau WiFi Hotspot.
 
Perangkat ini tersedia banyak seri yang bisa digunakan untuk membangun jaringan WiFi hotspot dari kelas konsumer hingga enterprise.
Jaringan WiFi hotspot didesain khusus untuk memberi koneksi internet ke perangkat mobile seperti HP, laptop, IoT, tablet dan sejenisnya.
Karena kemudahan dan kehandalan nya UniFi sudah banyak dipilih oleh sekolah,kampus,stadion,hotel,kantor ataupun komplek perumahan untuk mmbangun WiFi.
UniFi kompatibel dengan semua jenis, tipe dan merek perangkat jaringan sehingga kamu bebas memilih serinya untuk digunakan secara campur.
Perangkat UniFi daru ubnt ubiquiti mempunyai banyak kelebihan dibanding perangkat wifi pada umumnya, kelebihan ini akan anda dapatkan mulai dari proses pemasangan,pengelolaan, dan pengembangan.
 
  1. Flexible
Dengan menggunakan perangkat UniFi konsumen lebih dimudahkan dalam pengelolaan dan pegembangan jaringan wifi yang dimilikinya,
karena UniFi bersifat flexible dan scalable.
 
  1. Mudah Dikembangkan/DIperluas
Anda bisa membangun jaringan WiFi mulai dari satu perangkat dan menambahkan perangkat UniFi lain untuk memperluas jaringan WiFi tanpa perlu setting perangkat satu persatu.
 
  1. Mudah Dikelola
UniFi menggunakan UniFi Controller sebagai pusat kendali/induk perangkat UniFi yang terpasang sehingga kamu bisa mengatur,
merubah settingan ratusan hingga ribuan perangkat UniFi dengan sekali klik melalui UniFi Controller.
 
  1. Mudah Dipasang
UniFi menggunakan PoE untuk menghantarkan power,shingga kamu tidak perlu susah payah memasang colokan untuk adaptor,
karena listrik akan dikirim melalui satu kabel LAN dengan teknologi PoE (Power Over Ethernet).
 
mudah mengelola jaringan Wifi yang besar dengan UniFi dan UniFi controller, UniFi Controller memudahkan Mengelola jaringan WiFi
 
  1. Mudah Disetting
UniFi menyediakan aplikasi khusus untuk mensetting dan mengelola perangkat UniFi yang terpasang secara terpusat,dengan demikian berapapun jumlah perangkat UniFi yang terpasang Anda bisa memonitor dan mengelola semua perangkat dengan mudah.
Aplikasi ini disebut UniFi controller yang berfungsi sebagai command center (pusat kendali)
 
dashboard unifi controller
UniFi controller dashboard
UniFi Memerlukan UniFi Controller
UniFi hanya bisa disetting dan dikelola menggunakan UniFi controller.
 
UniFi controller ini bisa kamu download dan install di Windows,Linux dan MacOS dan harus online 24 jam, Jika UniFi controller mati maka perangkat UniFi akan berhenti beroperasi dan tidak akan memunculkan SSID, ini dikarenakan semua settingan perangkat UniFi nginduk ke UniFi Controller.
Anda bisa menggunakan UniFi Cloud key agar tidak perlu menyiapkan komputer server yang online 24 jam untuk diinstall UniFi controller.
 
 
UniFi Cloud Key
UniFi Cloud key ini bentuknya sangat kecil dan hanya perlu dicolok ke switch jaringan mu dan berfungsi sebagai UniFi controller yang bisa kamu akses melalui jaringan lokal dan internet tanpa settingan khusus.
 
Sebelum Memilih UniFi kenali Dulu Istilah dan Teknologi WiFi Biar tidak Salah Beli
Saat Anda membaca spesifikasi diperangkat wifi mungkin akan menemukan istlah yang asing dan membingungkan, alangkah baiknya Anda mengerti terlebih dahulu istilah-istilah WiFi agar tidak bingung saat memilih produk UniFi.
 
Pastikan Anda memilih dan membeli perangkat WiFi yang tepat susuai kebutuhan dengan memahami standar WiFi yang digunakan dan fitur tambahan lain dari produk perangkat WiFi
 
WiFi Standar 802.11/b/a/g/n/ac
Jaringan WiFi melahirkan standar dalam proses pengembangan nya,standar ini berpengaruh terhadap cara kerja wifi,performa dan kecepatan yang dihasilkan.
 
WiFi 802.11b (11Mbps 2.4GHz)
Perangkat WiFi dengan label 802.11b hanya mampu mentransfer data maximal 11Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz.
 
Dijaman ini pastikan kamu tidak membeli perangkat WiFi dengan standar/label 802.11b karena sudah tergolong usang.
 
WiFi 802.11a (54Mbps 5GHz)
WiFi dengan standar a menggunakan frekuensi 5GHz dan menghasilkan kecepatan maximal 54Mbps.
 
Banyak perangkat yang tidak kompatible dengan standar a ini karena perbedaan frekuensi yang digunakan, beberapa vendor memberikan fitur hybrid 802.11a/b yang beroperasi di 2 frekuensi yang berbeda.
 
WiFi 802.11g (54Mbps 2.4GHz)
Akhirnya lahir juga standar wireless g yang menggabungkan standar a dan b dimana pada perangkat wireless dengan standar 802.11g mampu menghasilkan kecepatan 54Mbps dan beroperasi pada frekuensi 2.4GHz
Perangkat dengan standar ini masih bisa kamu gunakan untuk membuat jaringan wifi dirumah dengan client maximal 2-3 client.
 
WiFi 802.11n (300Mbps 2.4GHz & 5GHz)
Perangkat Wifi dengan standar 802.11n menggunakan lebih dari satu antena sehingga bisa mendukung multi user input output (MIMO) sehingga kecepatan yang dihasilkan mencapai 300Mbps yang bisa beroperasi di frekuensi 2.4GHz dan 5GHz.
 
Perangkat wifi ini masih bisa digunakan untuk membuat jaringan wifi rumah yang sederhana hingga 10 client dengan penggunaan yang tidak terlalu intens.
 
WiFi 802.11ac (450Mbps 2.4GHz & 1300Mbps 5GHz)
Perangkat WiFi dengan standar 802.11ac sudah mendukung teknologi MIMO dan menghasilkan kecepatan maximal 450Mbps pada frekuensi 2.4GHz dan 1300Mbps pada Frekuensi 5GHz.
Perangkat Wifi dengan standar ac harganya lumayan mahal , dikomendasikan hanya untuk membuat jaringan WiFi hotspot dengan penggunaan seperti :
 
kantor
kampus
sekolah
cafe
hotel
bandara
theater
atau tempat dengna pengguna padat.
Semua perangkat UniFi versi varu telah menggunakan standar 802.11ac untuk memaksimalkan bandwidth yang dihasilkan, diwajibkan yang sudah seri AC.
 
 
Apa itu MIMO?
Multiple-Input Multiple-Output (MIMO) adalah teknologi Wireless yang menggunakan lebih dari satu antena transmiter untuk menerima dan mengirim lebih banyak data dalam waktu yang bersamaan.
Semua produk wireless dengan standar mulai 802.11n sudah mensupport teknologi MIMO untuk meningkatkan performa dan kecepatan data transfer melalui WiFi.
Apa Perbedaan SU-MIMO dan MU-MIMO
perbedaan MIMO dan MU-MIMO
Single User-MIMO vs Multi User-MIMO
Walau dengan teknologi MIMO atau SU-MIMO perangkat WiFi mampu menerima dan mengirim waktu yang bersamaan namun tidak benar-benar bersamaan, dimana ada interval untuk mengirim data ke masing-masing perangkat.
 
Sedangkan pada MU-MIMO perangkat wifi benar-benar mengirimkan data dalam waktu yang bersamaan ke lebih dari satu perangkat.
SU-MIMO bekerja pada frekuensi 2.4GHz dan 5GHz danum MU-MIMO hanya bekerja pada frekuensi 5GHz
 
Apa artinya 2×2 MIMO 4×4 MIMO?
Pada perangkat WiFi mulai standar 802.11n telah menggunakan teknologi MIMO dan menggunakan lebih dari satu antena.
pada 2×2 MIMO artinya perangkat WiFi menggunakan 2 antena transmiter dan 2 antena receiver begitu juga dengan 4×4 MIMO dimana radio WiFi ini menggunakan 4 antena transmiter(tx) dan 4 antena receiver(rx).
Itu artinya makin banyak antena yang digunakan akan semakin baik performa yang dihasilkan saat menangani banyak client yang aktif.